Mengurus Sendiri Visa Korea Selatan

Hi all,

Wah ternyata post saya ini paling rame pengunjung!
Sebelum dibaca, perlu saya informasikan bahwasanya tulisan ini saya tulis dari pengalaman mengurus sendiri visa Korea Selatan untuk keberangkatan saya tahun 2010. Prosesnya masih sama, tapi tempat dan harga sudah saya update di bawah.

Selamat berkunjung ke Negeri Kimchi :)

setelah saia posting entries yang kalo dibacabaca enggak mutu, sekarang saia mau posting yang agak berguna dari perjalanan saia ke jakarta kemaren.

 

seperti sudah saia ceritakan, saia ke jakarta kali ini untuk urusan persiapan ke korea selatan. dan salah satunya: mengurus aplikasi visa korea selatan.

satu hal pertama yang bisa saia beritahu, kalo kalian yang kebetulan baca posting ini bukan orang jakarta, hal ini sedikit berguna. how to get there.

yupp. gimana caranya ke kedutaan korea selatan. ini karna kemaren saia sempet mutermuter garagara kurang tau arah dan info yang saia bawa cuma sedikit. dan kalau kalian akan kesana naik taksi, hal yang menyebalkan adalah: kalau salah jalan, putar balik itu jauhnya amitamit dan bikin argo naik dengan cepatnya. oh, yang paling menyebalkan adalah kalau si bapak taksi enggak tau dimana letak kedutaan korsel. lengkap riwayat kalian!

enough my pity story, here we start!

South Korea Embassy
Jalan Gatot Subroto 57 Jakarta
Telp. 021 520 1915

info itu yang kalian dapat di jakarta.go.id. kalau punya peta paspas-an, letak kedutaan ini ada sebelum RS Medistra.

kalau naik taksi.
kalau mau naik taksi, dan si bapak taksi enggak tau dimana letak kedutaan korsel, ke arah RS Medistra. dan RS Medistra itu BUKAN rumah sakit jantung. karna kedua rumah sakit ini samasama ada di jl. gatot subroto. dan letak mereka, bertentangan. dan kalau salah jalan, sekali lagi, muter di highway jakarta itu bisa jauh bangettt.

kalau si bapak enggak tau dimana letak kedutaan atau RS Medistra, karna biasa mangkal di hotel atau mall, bilang aja ke arah depnaker. kantor depnaker satu line dengan kedutaan.

kalau naik transjakarta.
kalau berangkat dari Benhil, Sarinah, atau Bunderan HI; transit di Dukuh Atas. dari sana, naik turun sampai di shelter dan antri di line kearah Ragunan Kuningan. turun di Kuningan Timur. tanya petugas trans yang jaga di shelter, ke arah RS Medistra. jalan kaki dari sana lumayan. 600-an meter mungkin.

kalau naik bis.
jalur 640 turun langsung di depan kedutaan.

kalau masih bingung, telpon kedutaan minta ancerancer. nanti dikasih tau. baik deh ;)

urusan visa.
untuk pendaftaran dan memasukkan dokumen, jam 9-12. untuk pengambilan dokumen dan visa, jam 1.30-4.
masuk di kantor yang ada bangunan paling ujung, bakal ada 3 loket. loket paling kiri untuk aplikasi visa dan urusan TKI. loket tengah untuk pengurusan visa umum. loket paling kanan untuk urusan paspor orang korea.

sewaktu masuk, bakal disambut sama “satpam”. kayak petugas. karna enggak pake seragam satpam. tapi sikapnya kayak satpam dibanding petugas. hehe. dan untunguntungan. kalo si satpam baik, baik banget. kalo lagi bete, ya bikin males. hehe. tapi overall, si bapak satpam akan sangat membantu.

bilang sama bapak mau urus visa. nanti diminta nunjukin form aplikasi. kalo belum punya, ambil form di kotak sebelah meja satpam. isi dan kalau enggak tau, bisa dibantu si satpam. kalau dokumen udah siap, ambil nomer antri dan duduk manis.

ingat untuk antri sesuai nomer ya.
sewaktu saia daftar kemaren, saia duduk bersebelahan dengan ibuibu dari U* yang mau ngurusin visa mahasiswa-nya yang mau pertukaran mahasiswa juga. si ibu bilang, “saia duluan ya..” sambil ngelirik saia dengan lirikan ih-anak-kecil-udik-gini-mau-student-exchange-ke-korea yang menyebalkan dan menyepelekan.
“maaf??” aneh.
“saia duluan ya..” sambil nunjuk nomer antri 009-nya kearah nomer antri saia 007.
saia lirik loket antrian 006. “ooh.. iya..” menyerah dengan lirikan menyebalkan si ibu sambil berupaya menghindari pertengkaran sengit mengingat ruangan direkam CCTV.

pas 006 udah selesai urusan dan ganti untuk antrian 007, si ibu dateng. enggak sampe semenit langsung duduk lagi, 2 line kursi di belakang saia. saia refleks aja tanya, “kenapa bu?” karna saia takut si petugas visa lagi bete atau PMS trus males ngurusin aplikasi visa trus nolak orangorang yang mau ngurus visa. *get slapped* hehe. “sesuai nomer antri..” jawab si ibu bete. ooh.. dan saia nyamperin mbak petugas di loket dengan nyengir penuh kemenangan suka cita sambil bertanyatanya, kok petugasnya bisa tau ya?

jadi ingat, antri sesuai nomer ya.

di loket.
enggak banyak ditanya. langsung nyerahin form aplikasi dan supporting documents. dicek sebentar, kalau ada yang perlu difotokopi, tinggal di fotokopi. enggak perlu repot. di kantor disediain mesin fotokopi. dan gratis. asik banget, hehe. bilang sama bapak satpam untuk fotokopi. nanti dibantu fotokopi sama beliau.

balik ke loket, serahkan dokumen. dicek segala macam. kalau form aplikasi sudah lengkap, bayar uang visa. dikasih nota sekaligus tanggal untuk pengambilan. selesai.

dan kemaren saia, termasuk fotokopi, urusan selesai kurang dari 7 menit! cepet dan enggak ribet.

pengambilan dokumen dan visa.
021 520 8950
sebaiknya telpon kedutaan dulu, tanyakan aplikasi sudah bisa diambil atau belum. nanti ditanya nomer aplikasinya (ada di nota). kalau sudah bisa diambil, tinggal ke loket serahin nota, enggak perlu antri. nanti dipanggil petugas. dokumen dan paspor berikut visa didalamnya bisa diambil, dan kalian siap berangkat ke korea selatan :)

fiuh! kayaknya udah cukup lengkap ceritanya. bahkan agak berlebihan, hehe. kalau ada yang masih penasaran dan masih mau tanyatanya, silakan..

 

added Dec 15, 2010:
berhubung banyak yang tanya, ini saia tambahin*
*info ini dari Januari 2010, kalau mau yang update, liat website aja ya :-)

jenis visa
C-3: visa turis, kunjungan keluarga, undangan seminar/workshop, kegiatan seni/budaya, pelaut.
C-2: visa bisnis, menandatangani kontrak, hubungan bisnis dibawah perjanjian.
C-4 / D-3: visa pekerja temporer/kontrak, pekerja industri.
C-3 / F-2: visa untuk orang Indonesia yang menikah dengan warga negara Korea (kunjungan singkat C-3, menetap F-2)  me soon! *ngarep*
D-2 / D-4: visa belajar, pelatihan bahasa Korea.
D-8: visa penanam modal.
F-4: visa untuk eks Korean yang menetap di luar negeri.

biaya Visa:
US $30 atau Rp 300,000 untuk visa dibawah 90 hari.
US $50 atau Rp 500,000 untuk visa diatas 90 hari.
US $80 atau Rp 800,000 untuk visa multiple entries (keluar masuk Korea).
*biaya visa tidak dapat dikembalikan.

added Dec 20, 2010:

Oke, berhubung saia terlalu sibuk malas untuk mengedit, jadi saia tambahin/koreksi aja ya..

Kedutaan besar Korea Selatan sudah pindah ^^ Ini alamat barunya:
Jl. MH Thamrin
The Plaza Building Lt. 30

Untuk yang akan apply, bisa download visa application formnya disini.
Ada info dari teman saia, biaya visa sekarang:
3 bulan – Rp 300,000
1 tahun – Rp 500,000
2 tahun – Rp 850,000

Intinya siapkan uang, dokumen yang diperlukan & selamat datang ke Korea Selatan *South Korea embassy and KTO should pay me for this, LOL

Regards,

61 thoughts on “Mengurus Sendiri Visa Korea Selatan

  1. bu…kalo mau ngurus visa wisata perlu ada duit berapa di rekening banknya?

    bantuin dong…
    ada email?
    atau ym?

    makasih banget

  2. boleh donk dishare mengenai pertanyaan ade..kira2 butuh rekening berapa untuk ke korea.
    ngurus visa ke korea skrg berapa ya, aku baca mba juga baru apply visa feb 2010 ini.
    mau donk info2nya.
    makasi

    1. hi Nita!
      sebelumnya minta maaf karna saya mungkin tidak bisa membantu banyak. karna saya kemarin apply visa dengan undangan dan scholarship dari pihak universitas. jadi saya tidak perlu mengajukan jumlah rekening, karna biaya saya selama di korea selatan ditanggung oleh pihak univ.
      untuk lebih jelas, bisa tanya langsung pihak kedutaan. baik baik kok ^.^

  3. mo nanya! urus visanya berapa lama ya? dari kita datang ke kedutaan – ambil? soalnya aku juga mau ada exchange program yang berangkat sekitar agustus (fall semester )

    (^^)v terus mo nanya lagi! hehe, di koreanya dimana ya bisa cari beasiswa yang cover biaya hidup? soalnya aku yang dicover cuma biaya kuliah dan asrama gratis, makan dan beli buku mesti bayar sendiri..

    1. hi duciL!
      wah seru yang mau ke korea pas fall. study dimana?
      untuk urus visa, nanti makan 3 hari kerja.
      untuk masalah itu, saia belum tau pasti ya. paling gampang, lewat universitas nya.
      welcome to korea :)

      1. nanya lagi..hehe kali student visa yang buat exchange student pake D2 apa D4 ya? aku mau pertukaran ke dongseo, busan..1 tahun ajah..

      2. aduh, aku juga lupa nih.
        aku kemaren sih D2. coba cek di website nya kedutaan korea aja untuk lebih jelasnya :)

  4. halooo…salam kenal, nama saya indah…
    saya mau ngurus visa buat ke korea yang D-4…
    itu saya harus kesana sendiri atau dikirim ajah dokumennya udah bisa yaaaa…

    kalo saya baca cerita d atas sepertiny harus kesana sendiri yaaa…
    makacie inpohnya…

    1. halo indah!

      kebetulan waktu aku apply visa, ada yang diurusin.
      jadi, titip orang juga bisa. tapi lebih seru kalo ngurus sendiri deh kayaknya. hehe :P

  5. Mbak, Kalau ngurus Visanya butuh pakai tiket pesawat yang sudah dibelikah? soalnya masih hunting cheapest price.
    Aku mau ke Seoul dan Suncheon sebagai pemateri kegiatan Kepramukaan korea

  6. Dear Mbak ibunegara, Kalau ngurus Visanya butuh pakai tiket pesawat yang sudah dibelikah? soalnya masih hunting cheapest price.
    Aku mau ke Seoul dan Suncheon sebagai pemateri kegiatan Kepramukaan korea

    1. hi ari!
      *maaf lama reply nya >,<

      kemarin aku daftar, tiket pesawat belum dibeli. tapi sudah booking.
      dan seingatku, pengurusan visa harus sudah ada tanggal menurut tiket pesawat.
      karna visa bergantung sama lama stay di negara nya [dilihat dari tiket pesawat].
      good luck untuk program nya! i always love pramuka :)

  7. halloo jeng ibunegara,,
    nanya yaaa.. urus visa korsel brp ya, mbak??
    anyway,, lgkp bgt infonya.. tgl tips jalan2 dsana gmn.. hehhehe
    thx u yaaa..

    1. hello juga jeng lala-land ;)
      untuk biayanya berbeda tergantung lama & keperluan ke korea. aku kemaren program belajar, dapat visa 6 bulan bayar 500 ribu.
      untuk lengkapnya coba di cek di website nya aja :)
      tapi sekarang kantor kedutaan-nya udah pindah nih. kalau udah sempet aku edit deh ^^
      sama-sama. tengok aja di kategori Koreanphile atau Daejeon. ada cerita-cerita pas jalan disana :)

  8. Hi Bu, mau nanya ya.. Kalo misalnya apply visa pelajar itu enknya pas dkt2 mau brgkt or kira2 pasnya brp lama sblm bergkt ya? Makasih banyak ^^

    1. Hi Winny.
      Untuk lebih aman sih saran saya 3 minggu – 1 bulan sebelum keberangkatan untuk meminimalisasi kemungkinan kurang lengkap dokumen atau hal lainnya.
      Untuk prosesnya sendiri lumayan cepat kok, sekitar 3-5 hari kerja.. ^^

    1. hi there!
      infonya udah aku tambahin tuh diatas ^^
      US $30 atau Rp 300,000 tapi ini info dari Januari 2010, coba cek website lagi :)

  9. Anyong, Hi..

    Boleh tanya, saya pny rencana pengen “Fly to Seoul” di bulan Juli, untuk masalah photo, saya kan berkerudung, yang saya dengar, pernah ada yang bilang, ktnya kalau untuk Visa Korsel, Photonya tidak boleh berkerudung ya.. bener tidak sih?.

    Tks… ^,^

    1. Anyeong haseyo :)

      Kebetulan kemarin foto visa saya tidak pakai kerudung, tapi adik saya tahun 2006 ke Korea dan foto visanya dengan kerudung tidak masalah ^^

  10. mbak mau tanya, kebetulan saya juga dapat beasiswa S2 di Busan, mau ngurus VISA D2. cuma masih bingung bedanya single entry sama multiple entry. kan bedanya lumayan :p terus katanya ada yang bilang mending bikin yang 500rb terus ntar di upgrade disana. itu gimana ceritanya? terus lebih murah mana sama yang multiple entry yang 850rb itu?

    1. simple-nya, single entry: sekali masuk ke korea. multiple entries: berkali2 masuk ke korea. jadi kalau punya multiple entries visa, bisa bolak balik indo-korea tanpa harus urus2 visa lagi (sesuai masanya). kalau tidak ada rencana keluar masuk korea, single entry visa saja sudah cukup.
      kebetulan saya belum pernah urus multiple entries di korea, jadi saya kurang begitu tahu.
      mungkin bisa ditanyakan langsung ke kedubes korea :)
      welcome to the dynamic busan ^^

  11. Hallo Mbak Ibu Negara…
    Many thanks ya atas artikelnya. Saya beserta keluarga tgl 21 Juni 2011 akan berlibur ke korsel dan kembali tgl 30 Juni 2011 tanpa mengikuti tour dr travel agent. Tiket pp Seoul sdh ada, juga tiket pp seoul-Jeju dan confirmasi booking hotel dan hostel. Mohon tanya Mbak,
    – Apakah visanya sdh bisa di urus dr bln Feb ini? krn kebetulan saya ada rencana untuk ke Jakarta.
    – Masa berlaku visa mengikuti tgl pengurusan atau tgl keberangkatan?
    – Misalnya visa tidak disetujui, apakah ada jedah waktu utk bisa mengurusnya kembali?
    – Apakah ada saran2/kiat2 dari Mbak agar visa saya bisa disetujui?

    Makasih banyak atas bantuannya.

    1. Halo Ibu Peggy Regina :)
      – Untuk pengurusan visa, seharusnya sudah bisa, apalagi karena tiket sudah ditangan.
      – Dari 2 kali saya mengurus visa, biasanya visa mengikuti jadwal tiket.
      – Maaf, saya kurang begitu tahu perihal ini.
      – Saya pernah mengurus visa untuk Amerika dan Korea, dan menurut saya, pengurusan visa ke Korea sangat mudah (tidak ribet). Persiapkan saja dokumen yang diminta. Bisa di-browse di website-nya.
      Have a great summer in Korea :)
      *siap-siap bawa kapas kalau tidak tahan panas ^^

  12. Haloo lam kenal, thanks utk sharing visa koreanya..mudah2an bulan depan mo kesana dan visanya lancar :)

    1. Hi ZiE!
      Sama2, semoga membantu yaa..
      Enjoy Korea. It’ll be fun. Bring your sunscreen as it will be very hot.
      Thanks for dropping by :)

  13. haaiii… salam kenal…
    aku mau tanya,,, rencana tanggal 24 June aku brangkat ke korea.. untuk holiday..
    aku mau urus visa via travel agency.. menurut kamu pasti dapat visa nya ngga ya??
    boleh ngga aku minta contact person kamu??

    thanks yaa… :))

    1. Hi Nissa, salam kenal and thank you for stopping by :)
      Biasanya kalau diurus pihak lain, it will take more time. Tapi juga keluar kok, ga masalah.
      Contact person-nya lihat page about IbuNegara ya..
      Have a great vacation in Korea ya. It’ll be pretty hot but sure you’ll have fun :)
      Cheers!

  14. Hi.. saya wartiny, mengurus visa untuk jalan2 ke korea selatan. dah di masihkan berkas nya dar tanggal 6 Juni 2011 sampai hari ini belum ada kabar berita. Setiap kali saya telefon ke kedutaan korea di Jakarta, jawaban petugas di sana adalah “tunggu” saja. Dengan menunggu tidak ada kepastian di approve atau direject membuat saya dan teman-teman menjadi stress berat. Mohon petunjuknya. Saya sudah membeli tiket untuk keberangkatan ke malaysia tgl 30 Juni 2011 ini dan tiket Malaysia-Korea tgl 01 Juli 2011. Berhubung tanggal sudah dekat dan saat ini saya berdomisili di Pekanbaru (Riau) hal ini membuat saya depresi berat. Semangat mengujungi Korea dengan keindahan nya hilang semua. Tempat-tempat indah yang saya tonton di TV yang tadi nya terbayang dimata jadi mimpi buruk. Pada hal saya sudah siap2 untuk pergi dan kembali dengan membawa cerita indah mengenai negri ginseng yang selama ini saya lihat di televisi dan majalah.
    Terima kasih.

    1. Hi there!
      Kalau boleh tau, apakah pengurusan visa ini dilakukan sendiri atau melalui agen?
      Dari pengalaman saya selama mengurus sendiri, visa keluar 3 hari kerja saja. Adik kelas mengurus visa melalui agen hanya 6 hari kerja, maksimal.
      Dan setau saya, kedutaan korea selatan paling cepat dan tidak ribet dalam pembuatan visa. Coba dicek dari nota pengambilan, tertulis kapan visa dapat diambil. Apabila memang sudah lebih dari tanggal yang dijadwalkan, Anda berhak untuk mengajukan keberatan.
      Tetap semangat!

  15. hai , aku jessie , rencana desember ini mau jalan’ ke korea sendirian . aku belom nyampe 20 tahun kak , apa itu bisa jadi permasalahan mengenai umur ? tau mengenai aturan turis kalo yang belom sampe batas umur yang ditentuin ga ?
    aku rencana nanti jalan’ sama temen aku yang emang warga negara korea . thx (:

  16. hai , aku jessie , rencana desember ini mau jalan’ ke korea sendirian . aku belom nyampe 20 tahun kak , apa itu bisa jadi permasalahan mengenai umur ? tau mengenai aturan turis kalo yang belom sampe batas umur yang ditentuin ga ?

    1. Hi Jessie!
      Setahu kakak ga ada masalah untuk itu. Mungkin nanti waktu mengurus visa ditanya nanti disana gimana [ketemu siapa, siapa penjaminnya, tinggal dimana, dll]. Kurang lebih mereka ingin tau nanti kamu disana aman dan ada yang menjamin atau tidak.
      Have fun ya! December will be sooooo cold up there ^^

      1. oooohh , icic . waduuhh , hahha . okee dh kak , thx yaa :D
        soale ak ga ngerti ttg visa sama skali ==” hehe :D

      2. Hi Jessie,
        Untuk data/dokumen yang harus dipersiapkan, sila langsung cek website kedubes korea selatan ya :)

  17. hai mbak ibunegara…asik banget infonya

    kebetulan aku tgl 17 nov mau ke korsel..

    syarat buat ke kedubesnya emang harus bawa tiket pesawat+guesthouse ya?
    trus misal keperluannya buat wisata tinggal bilang utk wisata gt kan?

    nah, masalahnya, lokasi aku diluar jakarta..apa ada fasilitas buat apply visa online?dan apa apply visa ini bisa nitip?

    1. Hi Nissa,
      Thanks udah nyasar di blog ini :)
      Biasanya begitu. Karena untuk melihat seberapa lama akan ada disana.
      Untuk proses pembuatan visa, Kedubes Korea Selatan cukup mudah. Seperti cerita diatas, ada yang titip.
      Beberapa teman kakak yang ga bisa ke Jakarta, titip ke travel agentnya bisa, walau kadang sedikit lama.

      Have a great trip! *oleh oleh* :”>

  18. hallo mba..mau nanya nih apa ada tuh visa F-4..dan kalau memang ada bisa kasih infonya ngga atau mba bisa bantu gitu..dan masalah biaya kira2 berapa..saya eks korea dan slama ini saya ngga ada masalah di sana cuma mau balik hanya cuma bisa dngan cara TKI.yang jadi masalah umur saya dah batas akhir tuk tki korea..seandainya ada cara lain tlng mba kasih infonya ..sblumnya saya berterimakasih atas tulisan mba..

    1. Halo Adhe,
      Maaf baru membalas. Maaf saya tidak begitu tahu. Bila Adhe ingin informasi lebih lengkap, sila langsung menghubungi kedubes saja. Thanks :)

  19. hallo mba, klo misalkan apply visanya bisa nitip di teman bisa ngga? aku diluar jakarta tinggalnya. rencana kalau lulus nanti mau ke korea. jadi sudah nyari info apa saja yang harus di siapkan jika ingin belajar atau jalan2 ke korea Aku cari semuanya dari sekarang biar nantinya nga ribet pas keterima di salah satu universitas atau pas mau jaln2 aja. Aku punya teman yg tinggal di jakarta, kira2 pengurusan visanya bisa nitip sama teman saya itu atau gimana? atau harus nitip di travel agen? terima kasih sebelumnya

  20. mat siang bu Negara
    Daku ngurus visa melalui staff office jkt,pada saat pengambilan,
    ternyata belum disetujui, dan perlu verifikasi. Pada saat pengajuan
    visa kita lampirkan visit letter dari perusahaan Korea, akhirnya etd soeta jam 22.00 dicancel.
    Kira-kira menurut sepengetahuan Ibu.masalahnya apa.Terima kasih
    sebelumnya.

    1. Hi, sorry for my late reply.
      Biasanya ada dokumen penyerta yang kurang lengkap. Umumnya kedutaan akan memberitahu dokumen apa yang perlu dilengkapi. Lain hal, ada beberapa hal dari aplikasi yang kedutaan memutuskan seseorang tidak bisa masuk ke negaranya. Semoga membantu.

  21. hello, ibu..mw tanya nih..saya dan teman saya kan..da rencana mw kul ke korea…n byk informasi dari university yg saya dapat harus menggunakan visa d-2 yaa..

    klo kita menggunakan visa d-2, bs sexan untuk bekerja parttime disana dak yaa..
    apakah kami bisa apply visa utk 2tahun disana brpun kul di sana cuma 1tahun..

    1. Silakan merujuk ke website KBRI di Korea Selatan untuk update informasi dan peraturannya. Umumnya warga asing bisa melakukan part time setelah tinggal 1 semester dan untuk student ada aturan working hours dan study hours.

  22. Saya ada planning ke korsel bersama keluarga(saya,suami dan anak yg usia 7th) syarat nya apa saja dan rek.bank hrs saldo nya brp.Ť♓ǝñK【ツ】ƳõU

  23. hallo, mau tanya, saya sudah beberapa kali ke korea dengan single visa. Bagaiman cara untuk bisa mendapatkan multi entry visa ke korea.

    1. Halo! Wah senangnya. Saya dulu pernah ingin membuat multiple entry visa (tapi batal). Informasi saya terima via imigrasi.

  24. Ass…salam kenal….ibu negara….nama saya dyah….saya pengen bgt bekerja di korea….tp saya pengen tau….kira kira….untuk sekarang…dikorea itu jerja di pabrik….boleh ga sih pake jilbab….
    Trs…masalah 5 wktunya gmnya?mhn petunjuknya…trmksh…

    1. Salam. Maaf sekali saya belum pernah bertemu teman pekerja Indonesia wanita di Korea (saya tinggal di Daejeon waktu itu). Jadi saya kurang begitu tahu. Tapi seharusnya tidak menjadi masalah.

      1. hello ibu negara salam kenal.mw tanya nie klw says mw bwt visa f2 saya dah menikah dg wrg korsel n ada dokumen kesehatan itu apa bisa medikal didaerah saya dijoga? Sebab ada tmn blng rmh sakit yg bwt medikal ditentukAn dr kedutaan.

  25. mau tanya kalo ngurus visa student atau multiple visa, itu pakai medical chek up nggak ya?tadi sdh nyari sih tidak ada, hanya memastikan soalnya negara lain ada medical chek upnya..makasih =)

Leave a Reply

